takoyaki

 

Takoyaki

  takoyaki adalah makanan atau cemilan yang berasal dari jepang, tepatnya di daerah kansai. Cemilan ini berbentuk bola yang dibuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan potongan gurita. cemilan ini bisa foodies temuin dipinggiran jaln loh. karena biasnya, cemilan ini dijual sebagai konsep "Street food."

takoyaki ini, biasa dijual dengan isian 5-10 buah. tergantung ukuran yang disediakan. penyajian pun menarik, biasnya ditaruh diwadah kotak dikemudian ditaburi nori dan katshoubusi atau olahan ikan cakalang yang biasa diasap dan diserut tipis-tipis . takoyaki dimakan menggunakan tusuk gigi, tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan sumpit. apalagi di negara asalnya, takoyaki ini dimakan menggunakan sumpit sekali pakai, namun masih dalam kategori ramah lingkungan ya, karena bahan digunakan masih bisa di daur ulang.

awalnya, takoyaki disajikan menggunakan tusukan bamboo yang diisi 3 buah pertusuk. hingga pada tahun 2000 pun masih dijumpai kios yang menjual takoyaki dengan penyajian tersebut. akan tetapi, sekarang kios tersebut sudah tutp dikarenakan usianya sudah terbilang tua sehingga, belum bisa melanjutkan jualanya.

untuk harga dari takoyaki sendiri bermacam-macam. kalau di jepang sendiri, 1 set takoyaki yang berisi 5-8 buah akan di beri harga 200 yen sampai 400 yen. namun, jika ke daerah kansai nya, akan lebih murah karena ada persaingan ketat dalam pernjualan makanan ini. kalau di indonesia, harga takoyaki ini berkisar 15-30 ribu, tergantung ukuran dan isian yang ditawarkan tiap pedagang. karena biasnya, ada yang menjual versi kecil yang tentunya akan di beri harga yang lebih terjangkau. namun, ada pula yang berani berinovasi dengan memberikan ukuran yang besar dan isian yang royal dengan harga yang lebih tinggi pula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBANGUN KARAKTER

film